Senin, 03 Januari 2011

Analisa E-Commerce Website


www.tokobagus.com
Prinsip antarmuka analisa website 
Nama : ARIF NURDIANSYAH
NIM    : 18093438
Kelas  : 12.3B.28
1.       Accessibility : www.tokobagus.com belum terpenuhi, sebab penggunaan bahasa pada website ini masih menggunakan bahasa Indonesia, padahal apabila ada translate khusus tiap-tiap Negara akan membuat website ini lebih banyak dikunjungi oleh para konsumen lokal maupun asing.

2.       Esthetically pleasing : penempatan menu yang terstruktur dan berposisi di pojok kanan atas membuat website ini terlihat menarik dan indah dilihat.
3.       Availability : menurut saya, website www.tokobagus.com sudah memiliki prinsip available, sebab menu yang mereka tampilkan sudah tersedia semua di tampilan awal, jadi para pengunjung  atau konsumen di beri kemudahan dan tidak dipersulit untuk membukanya ke halaman yang lain.
4.       Clarity : kejelasan pada website ini sudah tidak diragukan lagi, karena adanya penjualan online   (e-commerce) di  www.tokobagus.com.
5.       Compatibility  : website www.tokobagus.com dapat di akses oleh beberapa browser seperti mozila firefox dan Google chrome tanpa adanya perubahan sedikitpun didalamnya.
6.       Configurability :  karena website ini diatur olen admin, jadi penggunaan tidak bisa dipersonalisasi oleh user.
7.       Consistency : keunggulan website www.tokobagus.com adalah konsistennya penggunaan logo maupun tampilan  yang digunakan.
8.       Control : pengendalian tombol pada website ini berfungsi , sehingga tidak adanya tombol yang hanya di tampilkan secara sembarang ( tidak berfungsi )
9.       Directness : dalam melakukan pemesanan konsumen ditujukan pada satu tujuan dengan pilihan kategori yang telah disediakan.

10.   Efficiency : tampilan yang sederhana akan tetapi mencakup keseluruhan sehingga  www.tokobagus.com sangat efisien dibanding website yang lainnya.
11.   Familiarity : penggunaan logo pada www.tokobagus.com  sudah dikenal oleh banyak orang sehingga banyak yang mengenal dan berkunjung ke situs ini.
12.   Flexibility : setiap pengunjung dapat mengerti dan memahami maksud, tujuan & tata cara yang di berikan pada situs ini, akan tetapi kelemahannya pada bahasa yang mereka gunakan sehingga www.tokobagus.com tidak fleksible dari segi bahasa.
13.   Forgiveness : www.tokobagus.com hanya memiliki 2  pilihan next & preview sehingga ini juga menjadi kelemahan pada website ini.
14.   Immersion :  prinsip immersion sudah terpenuhi, karena tampilan awal pada website ini sudah menampilkan barang-barang yang akan diperjual-belikan.
15.   Obviousness : dengan tampilan awal yang mereka miliki dapat mempermudah user untuk memahami  maksud dan tujuan pada website ini.
16.   Operability : pengaksesan tidak  oleh semua orang karena setiap orang harus menjadi member di website ini.
17.   Perceptibility :  setiap orang/user pasti akan langsung mengetahui dan memahami  bahwa website www.tokobagus.com adalah e-commerce .
18.   Predictability : langkah-langkah dan pandangan kedepannya untuk melakukan transaksi/pemesanan akan mudah diketahui apabila sudah menjadi member dan terkoneksi dengan adminnya secara langsung.
19.   Recovery : karena transaksi tidak dilakukan secara online, jadi www.tokobagus.com tidak menerapkan prinsip recovery.
20.   Responsiveness : adanya interaksi tombol fungsi dari tampilan-tampilan yang ada di website ini, sehingga membuat www.tokobagus.com medekati sempurna.
21.   Safety : karena www.tokobagus.com adalah situs resmi, jadi keselamatan & keamanan melakukan transaksi tidak diragukan lagi, karena prinsip safety ini sudah diterapkan.
22.   Simplicity : pengelompokan kategori di tampilan website ini memberikan kemudahan kepada user, sehingga pandangan tertuju pada satu tujuan.
23.   Transparency : karena kategori  pada  www.tokobagus.com  sangat tertata, jadi prinsip ini tidak berpengaruh pada website ini.
24.   Visibility : opsi/kategori  yang diberikan admin  www.tokobagus.com untuk memudahkan user bertransaksi di website ini.
25.   Trade-off : Dari keseluruhan prinsip-prinsip antarmuka pada website ini saya dapat menyimpulkan bahwa adanya kekurangan & kelebihan.
a.       Kekurangan
-          Seperti pada prinsip accesbility, penggunaan bahasa hanya untuk user yang bisa berbahasa Indonesia, sehingga bagi orang asing yang ingin mengunjungi atau melakukan transaksi  sangat sulit.
-          Transaksi tidak bisa dilakukan secara online.
b.      Kelebihan
-          Penempatan terstruktur
-          Diharuskan menjadi member untuk setiap user
-          Simple & efisien
c.       Saran
-          Penggunaan bahasa sebaiknya menggunakan translate tiap-tiap user yang  menggunakan, dan yang paling utama yaitu bahasa  inggris (internasional).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar